Tanaman Indoor Pembersih Udara Ruangan Rumah Anda

 Yuks kenali Tanaman Indoor Pembersih Udara Rumah Anda yang benar-benar bisa membuat udara dalam ruangan semakin menyegarkan layaknya kita sedang berada disebuah taman nan asri penuh dengan pepohonan rindang.

Siapa yang tak suka jika di dalam rumah dan setiap ruangan memiliki udara yang menyegarkan, semua orang pasti menginginkan hal tersebut. 

Manfaat Tanaman Indoor

Kurangi Tingkat Stress
Beberapa penelitian tentang penempatan tanaman pada ruangan di dalam rumah atau kantor dapat memberikan hasil baik pada organ penting manusia yaitu jantung, seperti dilansir dari jurnal yaitu Journal of Physiological Anthropology. 

Bahwa penelitian penyelesaian pekerjaan atau tugas diberikan kepada seseorang ketika berada diruangan yang terdapat tanaman Indoor, para peneliti mengukur faktor biologis yang terkait dengan tingkat stress termasuk detak jantung dan tekanan darah.

Kesimpulkan tentang penempatan tanaman pada ruangan memang dapat memberikan perbedaan pada rasa tenang dan nyaman pada seseorang dalam ruangan tersebut.

Fokus Lebih Baik
Beberapa penelitian juga menyimpulkan perbedaan antara penempatan tanaman hiasan yang bukan asli dengan ruangan yang terdapat tanaman asli memperlihatkan bahwa fokus terlihat lebih baik di ruangan yang terdapat tanaman asli. 

Mempercepat Pemulihan
Ruangan pasien yang sedang dalam masa pemulihan dari sakit ketika ruangan tersebut memiliki udara yang lebih fresh atau terdapat tanaman indoor yang cukup, dapat mempercepat fase pemulihan pada pasien tersebut.

Ketika dapat menghirup udara yang lebih baik membuktikan kinerja organ tubuh kita akan bisa bekerja lebih baik daripada ketika kita sedang berada pada tempat yang banyak terdapat polusi udaranya.

Tanaman Indoor Pembersih Udara Di Dalam Rumah

Dan berikut ini Tanaman Indooor Pembersih Udara Rumah yang bisa menjadikan rumah Anda semakin lebih nyaman.

1. Sansevieria

tanaman indoor pembersih udara
https://askwetandforget.com
Untuk Tanaman satu ini sudah banyak dikenal banyak orang, berbentuk menyerupai lidah dengan ujung daun meruncing yang juga banyak menamainya dengan sebutan Lidah Mertua. Memiliki warna daun hijau garis-garis kuning dan memiliki banyak sekali jenisnya akan tetapi untuk yang paling wow adalah kemampuannya, tanaman ini mampu menyerap polusi udara beberapa kali lipat lebih besar dibandingkan tanaman lainnya.

Kota Metropolis Jakarta saja pernah menanam ribuan Sansevieria untuk mengurangi polusi udara yang semakin hari semakin menghawatirkan, karena dianggap salah satu jenis tanaman yang mampu menyerap racun dan Penyerap Karbondioksida yang banyak dihasilkan dari kendaraan bermotor.

Untuk perawatan dari tanaman satu ini sangatlah simpel sekali, tak perlu setiap hari disiram karena semakin sering disiram akan malah terlihat menguning dan ini menunjukkan tanaman tersebut kurang sehat. Cukup 1 minggu atau bahkan 2 minggu sekali dan sesekali taruh di luar ruangan supaya terkena cahaya sinar matahari.

2. Lidah Buaya

tanaman indoor pembersih udara
https://www.initiativefinance.ng
Selain banyak digunakan untuk bahan campuran kosmetik, Lidah Buaya juga efektif untuk tanaman pembersih udara dalam ruangan. Racun yang mungkin dihasilkan dari dapur yang masih terjebak di dalam rumah akan bisa diserap dan diganti oleh oksigen yang lebih segar.

Salah satu manfaat dari tanaman selain untuk mempercantik ruangan juga dapat menghasilkan oksigen yang dapat membuat udara disekitarnya lebih bersih, maka dari itu menempatkan tanaman lidah buaya selain mempercantik juga akan membuat udara dalam rumah Anda semakin baik.

Perawatan dari Lidah buaya sendiri juga sangatlah mudah, tak perlu menyiram setiap hari karena juga akan membuat lidah buaya mati. Cukup siram 1 minggu sekali dan tempatkan di tempat yang terdapat sinar matahari meski tidak secara langsung.

3. Aglaonema

tanaman indoor pembersih udara
https://costafarms.com
Tanaman Aglaonema atau banyak yang menyebut Aglonema ini beberapa waktu lalu sempat ngetrend dan banyak diburu untuk ditempatkan di taman yang berguna untuk mempercantik tampilan, memang ada beberapa jenis Aglaonema tertentu yang memiliki warna yang lebih terang dan mencolok memang akan terlihat lebih menarik.

Mempunyai daun yang cukup lebar dan akan lebih bagus jika dibiarkan tumbuh bergerombol yang akan terlihat lebih cantik, untuk perawatan juga jangan terlalu sering di siram air. Karena jika sering disiram air bagian bonggol dari tanaman ini akan mengalami kebusukan dan jika dibiarkan Aglonema kesayangan akan mati.

Sebelum menyiram lihat bagian tanahnya, jika sudah kering sekali barulah disiram dan tak perlu menyiramnya terlalu banyak. Siram secukupnya saja dan jangan menempatkan Aglaonema pada tempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung secara terus menerus, karena akan membuat daun rusak dan mengering.

4. Palem Kuning

tanaman indoor pembersih udara
https://lamanriau.com
Tanaman pembersih udara berikutnya adalah Palem, palem sendiri mempunyai jenis yang sangat banyak akan tetapi untuk tampilan cantik didalam rumah adalah palem kuning. Dengan bentuk cantik dan tumbuhannya tak begitu besar, jika dari kejauhan sedikit mirip sekali dengan bambu dengan warna daun hijau yang akan terlihat lebih segar.

Tanaman yang berasal dari Madagaskar ini mampu tumbuh hingga 6 meter meskipun kebanyakan hanya tumbuh hingga 1 - 3 meter saja. Selain mampu menyerap polusi udara maupun racun disekitar dan seperti tanaman lainnya dapat memproduksi oksigen yang sangat kita butuhkan.

Mempunyai sedikit lahan di dalam rumah bisa digunakan untuk menempatkan pot berisi Palem Kuning ini selain bisa mempercantik tampilan ruangan juga selalu dapat menyuplai oksigen bagi pemilik rumah.

5. Peace Lily

tanaman indoor pembersih udara
https://www.muktigreen.in
Tanaman indoor pembersih udara selanjutnya ini berasal dari Hutan Tropis Kolombia dan Venezuela, memiliki warna daun hijau pekat atau hijau tua dan mempunyai bunga berwana putih yang akan terlihat kontras dan sangat menarik apalagi jika dipadukan dengan pot semen warna yang bakal membuat tanaman Peace Lily semakin cantik jika ditempatkan di dalam ruangan misalnya ruang tamu rumah Anda.

Selain cantik juga berfungsi sebagai penyaring udara yang dapat menjaga kesegaran udara didalam rumah sehingga Anda akan semakin lebih nyaman dan betah berada di Rumah. Pastikan tanaman ini berada pada ruangan terang supaya tetap dapat hidup dengan baik.

Tak perlu banyak menyiram air tetapi jangan sampai media tanam terlalu kering, tanah yang lembab tetapi tak terlalu basah akan membuat tanaman indoor yang satu ini bisa tumbuh dengan sangat baik.

Bila bisa merawatnya dengan sangat baik, daun dari Peace Lily akan terlihat lebih mengkilap dan hal ini menunjukkan Peace Lily Anda sedang tumbuh sangat baik.

6. Lavender

tanaman indoor pembersih udara
https://www.essexapartmenthomes.com
Kalau tanaman pembersih udara indoor yang satu ini selain dapat memberikan udara ruangan lebih sehat tetapi juga bisa memberikan aroma segar disrkitar tanaman Lavender.

Tak hanya itu saja, aroma dari bunga lavender sendiri dapat mengusir hewan pengganggu penghisap darah yaitu nyamuk. Jadi fungsi dari tanaman indoor ini memiliki fungsi yang lebih maksimal, dan tak hanya itu saja karena tampilan dari lavender juga cantik ketika bunga berwarna ungunya sedang mekar maksimal.

Tak hanya jadi tanaman pembersih udara di rumah, pengusir nyamuk, cantik juga aromanya dari bunganya bisa menjadi aromaterapi bagi orang yang ada didekatnya. Bagaimana? apakah Anda tertarik untuk menanamnya?