Daftar Museum Di Batu Malang

Apa saja Museum Di Batu Malang Jawa Timur ( Jatim ) yang patut dikunjungi sebagai sarana edukasi, maupun wisata bersama keluarga tercinta. Mengenal lebih jauh tentang peninggalan sejarah yang masih tersimpan rapi didalam Museum Di Malang Raya akan menambah informasi dan bisa melihat benda peninggalan secara langsung.

Museum Di Malang Jawa Timur

Wisata tak harus mengunjungi tempat wisata seperti pantai, gunung atau tempat hiburan yang dipenuhi lampu kerlap kerlip. Berkunjung ke museum yang menyimpan koleksi bendar sejarah juga bisa menambah pengetahuan sejarah Indonesia pada masa silam.

1. Museum Angkut
Alamat : Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

Risyad Hakim
Bagi yang doyan banget dengan yang namanya jalan-jalan, pastinya dah pada kenal donk dengan museum yang satu ini. Yups Museum Angkut Batu menjadi museum terpopuler di Indonesia dengan tingkat kunjungan yang sangat tinggi meski bukan momen libur sekolah maupun libur panjang lainnya.

Salah satu tempat wisata Andalan dari Kota Batu ini menghadirkan banyak sekali koleksi dari "Alat Angkut" baik mulai dari Pesawat hingga gerobak yang ditarik hewan sapi atau orang menyebutnya "Cikar"

baca : Museum Angkut Batu Malang

Desain menawan dari exterior juga interior dari Museum Angkut patut diacungi jempol, jika masuk kesana suasana yang bisa Anda rasakan serasa berada di luar negeri karena desain dari tiap zona dibuat seperti di negara asalnya menyesuaikan dengan koleksi kendaraan angkut dari negara asalnya.

Bagi yang doyan banget hunting tempat foto yang bagus, disini adalah lokasi yang cocok bagi semua kalangan umur. Tak ketinggalan pada bagian pintu keluar masih disuguhkan dengan suasana menarik yaitu Pasar Apung untuk tempat mencari pernak pernik oleh-oleh maupun hunting kuliner.

2. Museum Satwa
Alamat : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

https://www.nativeindonesia.com
Museum kelas Internasional yang berada di tempat wisata terkenal di kota Batu ini juga selalu ramai dikunjungi pengujung, apalagi jika pada libur panjang akan terlihat antrian pada loket masuk.

Museum Satwa yang merupakan bagian dari Jatim Park 2 (Jawa Timur Park 2) menyajikan satwa yang diawetkan dan fosil hewan purba yang didatangkan dari berbagai negara diberbagai benua, hayoo pasti seru dan menarik kan. 

Dari benua Amerika, Afrika, Asia, Eropa, Australia sampai Antartika turut dikoleksi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ketika memperbincangkan tentang hewan purba, teringat akan film Jurassic Park yang memang menceritakan tentang banyak hewan purba dimasa jutaan tahun yang lalu.

Disini Anda akan diperlihatkan mulai dari insectarium serangga dari berbagai belahan dunia, pertunjukan hewan, pengetahuan fauna, gallery fosil dari hewan raksasa dari zaman dahulu. Sangat memukau dan juga mengedukasi sekali, sayang jika tak dikunjungi.

3. Museum Tubuh
Alamat : Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

bosniatravel.net
Tiket Masuk : Rp. 50.000 - 70.000 

Anda yang suka dengan dunia kesehatan dan ingin mengetahui tentang bagian - bagian tubuh manusia secara jelas dengan bentuk yang juga dibuat sesuai dengan anatomi tubuh aslinya, dilakukan perbesaran beberapa kali dari ukuran aslinya supaya pengunjung dapat lebih mudah mengetahui juga memahami bagaian penting penting dalam tubuh kita sendiri.

The Bagong Adventure Museum Tubuh adalah museum tubuh pertama di Indonesia dan terbesar se-Asia, berlokasi masih satu area dengan Jatim Park 1 dengan luas tanah 1 hektar yang terdiri dari 1 lantai. Ada beberapa zona bagian tubuh dari zona mata, telinga, hidung, otak, jantung dan masih banyak zona lainnya yang pastinya menarik untuk dijelajahi.

Bagi yang ingin check up gratis dari Gula darah, Kolesterol, Cek lemak, Oestoporosis, Mata, Asam urat secara gratis khusus untuk pengunjung dari Museum Tubuh. Sayang sekali jika tak kesini jika sedang berlibur ke kawasan kota batu maupun malang, apalagi jika sedang bersama buah hati yang sangat pas untuk sarana edukasi tentang bagian tubuh manusia.

4. Museum Musik
Alamat : Lt. 1 Dino Mall, Jl. Ir Sukarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65236

magazine.job-like.com
Sekarang maju pesatnya teknologi kita semakin ketergantungan dengan perangkat elektronik yang erat kaitannya dengan yang namanya Musik, seperti tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari dan seperti menjadi teman baik di rumah, mobil dan bisa jadi saat berada di lingkungan pekerjaan.

Bagi Anda penyuka musik, lokasi yang 1 ini tak boleh ketinggalan ya karena disini kita bisa menyaksikan secara detail berbagai alat musik di seluruh dunia apalagi dari semua provinsi di Indonesia dengan sangat lengkap. Tunggu apalagi, ayoo buruan kesana dan bakalan ngga nyesel dah melihat dari koleksi Museum Musik ini.

Tak bisa berfoto dengan penyanyi pujaan, sobat bisa berkunjung kesini dan berfoto sepuasnya dengan beberapa patung lilin penyanyi terkenal. Hingga beberapa momen terjadi yaitu penyanyi dan aktris terkenal Yuni Shara berfoto dengan patung lilinnya sendiri yang terlihat sama persis dengan penyanyi aslinya.

5. Museum D'Topeng
Alamat : Jatim Park I, Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

heikaku.com
Indonesia yang memiliki banyak budaya dan seni, keragaman aneka hasil dari seni dari masyarakat Indonesia yang menarik rasanya lebih bisa dinikmati banyak orang jika ditaruh di tempat yang khusus menyimpan hasil seni salah satunya adalah Museum D'Topeng ini.

D'Topeng Kingdom Indonesian Heritage Art Museum memang menjadi salah satu museum yang dikhususkan menyimpan karya dari ribuan seni dan budaya, meski terbilang baru yaitu didirikan di tanggal 23 Mei 2014 sudah menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan.

Benda benda yang dikumpulkan dari masa prasejarah hingga massa kerajaan tetap tersimpan rapi juga sangat terawat, menjadi salah satu bagian dari Museum Angkut akan sangat sayang jika Anda lewatkan jika sedang berkunjung ke Musang atau Museum Angkut.

Namanya saja sudah menggambarkan bahwa jelas didalam menyimpan banyak sekali koleksi topeng dengan bentuk yang berbeda - beda dengan cerita sejarah yang dibawa disetiap koleksinya, berfoto dengan background topeng sembari mencoba koleksi topeng yang tak didapati di tempat lain.

6. Museum Brawijaya
Alamat : Ijen St No.25 A, Gading Kasri, Klojen, Malang City, East Java 65115


Mudah di akses dari segala penjuru karena lokasinya yang sangat strategis, menggunakan kendaraan umum yaitu Angkot (Angkutan Kota) juga bisa berhenti tepat di depan Museum Brawijaya. 

Mudah saja mengenali dari Museum Brawijaya Malang karena pada bagian depan terdapat beberapa tank asli peninggalan era peperangan pada masa silam, 1 tank besar dan 2 tank ukuran kecil yang dipakai untuk menembak pesawat masa masa pertempuran dahulu.

Pada bagian halaman juga terdapat tank amphibi besar yang juga terlihat jika akan memasuki Museum, di dalam museum Anda akan diperlihatkan koleksi antik zaman penjajahan hingga saksi bisu gerbong dengan julukan "Gerbong Maut".

Digunakan penjajah Belanda untuk mengangkut 100 orang pejuang Indonesia yang ditawan penjajah hingga terjadi banyak korban karena dipaksa masuk meski melebihi dari jumlah kapasitas sebenarnya. Mengakibatkan 46 korban meninggal di tahun 1947.

Terdapat juga koleksi senjata juga meriam pada era penjajahan serta kendaraan kepresidenan yang terlihat masih sangat terawat juga orisinil, mengenalkan banyak hal sejarah di Museum Brawijaya Malang terbilang sangat rekomended sekali.

7. Museum Mpu Purwa
Alamat : Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Santa Blk. B No.210, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141

samsul arifin
Nama dari pendeta Budha Mahayana yang juga ayah dari Ken Dedes yaitu Mpu Purwa, nama tersebut digunakan untuk mengenang peninggalan sejarah tentang Malang Raya. Menjadi tempat berdirinya Kerajaan Kanjuruhan yaitu kerajaan yang pertama di Jawa Timur, dan malang menjadi pusat dari kerajaan Tumapel, Sengguruh juga Singosari.

Berbagai benda purbakala yang berhubungan dengan mpu purwa dikoleksi disini dan dijaga dengan baik, Anda bisa berkunjung kesana dan bisa lebih jauh mengenal akan kerajaan yang dahulu pernah bercokol di kawasan Malang Raya. Untuk lokasinya sendiri meski sering melintasi kawasan Griya Shanta tetapi tak kesemuanya bakal mengetahui, pastikan untuk menggunakan aplikasi maps untuk mencari lokasinya.

8. Museum Malang Tempoe Doloe
Alamat : Jl. Gajahmada, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119

Haris Thohir
Ya memang namanya museum akan menyimpan barang - barang tempo dulu apalagi yang banyak menyimpan cerita sejarah suatu daerah bahkan suatu negara. Mungkin kita tak menyangka bahwa konon Malang adalah sebuah danau atau laut purba jika melihat dari peninggalan fosil hewan purba pada zaman dahulu.

Apakah megalodon juga hidup di danau tersebut ya? wah kalau masalah ikan prasejarah tersebut kita belum dapat memastikannya apakah juga hidup di danau atau hanya hidup di lautan pada zaman purba dahulu. Berbagai koleksi arca zaman kerajaan juga terpampang rapih,

Bagi pecinta kuliner di Malang pasti sudah bakal tahu tempat kuliner yang satu ini, sobat akan sangat mudah menemukan museum di kota malang karena lokasi tak berdekatan dengan Rumah Makan Inggil. Jadi sebelum masuk ke museum di pusat kota malang ini, sobat bisa mampir makan dahulu ke Inggil dengan hidangan yang menggugah selera makan sobat.

Memang untuk bisa berkunjung ke semua museum diatas haruslah menggunakan rental kendaraan, jika sedang di posisi stasiun jasa Sewa Mobil Dekat Stasiun Malang bisa menjadi solusi rekomended perjalanan Anda.