Pohon Peneduh Halaman Rumah

Penasaran tentang Jenis Pohon Peneduh Rumah dan Jalan yang bagus, ada beberapa jenis pohon peneduh halaman rumah dan pohon peneduh jalan juga taman yang bisa Sobat pilih sesuai keinginan. Dari pohon untuk peneduh rumah minimalis atau pohon peneduh untuk depan rumah Anda, pastikan pilih pohon peneduh halaman rumah yang sesuai juga mudah dalam perawatannya serta akar tak merusak bangunan.

Pohon Peneduh Halaman Rumah, Jalan dan Taman

Mempunyai rumah nan asri dan teduh karena disekitar rumah terdapat pohon peneduh yang rindang juga bisa membuat pemilik rumah lebih betah berada di rumah, seperti halnya di taman yang sejuk pengunjung juga akan betah berlama-lama duduk santai sembari menikmati segarnya udara yang dihasilkan dari rerindangan pepohonan.

Beberapa jenis pohon peneduh akar tidak merusak cenderung akan dipilih orang untuk bisa ditanam pada halaman rumah sebagai pohon peneduh lahan sempit, lalu kira-kira pohon apa saja yang bisa dibuat peneduh baik di halaman rumah atau jalan.

1. Pucuk Merah
pohon peneduh rumah
https://malangbatutrans.blogspot.com
Sesuai dengan namanya, jika sedang keluar daun baru pada ujung rantingnya yaitu daun yang baru muncul tersebut selalu berwarna merah segar yang semakin mempercantik tampilan dari pucuk merah itu sendiri dan inilah yang membuat pesona dari pucuk merah terus digemari pecinta tanaman.

Untuk perawatan dari tanaman ini terbilang cukup mudah seperti tanaman pada umumnya, hanya saja jika ingin melakukan pembentukan pada daunnya haruslah sudah cukup lebat supaya dalam proses pembentukannya nanti semakin mudah dan dapat dibentuk sesuai harapan.

Jika ingin mempercepat pertumbuhan daun baru, usahakan dalam penyiramannya Anda selalu menyiram pada semua daunnya. Hal tersebut memang terlihat perbedaan pertumbuhan daun baru, sehingga daun yang awalnya tak terlalu lebat akan dapat tumbuh lebat dengan lebih cepat dibandingkan dengan penyiraman pada bagian tanahnya saja.

Jika sudah cukup lebat, sobat bisa membentuk dengan bentuk kotak, bulat atau bentuk yang mungkin cocok dengan selera Anda sendiri. Untuk harganya cukup murah juga banyak dijual di lokasi penjual tanaman di kota Anda.

2. Pohon Mangga
mangga pohon peneduh rumah
https://sea-m.banggood.com
Menanam pohon mangga di halaman rumah atau depan rumah selain bisa menjadi peneduh halaman rumah juga dapat menghasilkan buah yang jika pada musim telah tiba bisa dipetik dan dikonsumsi.

Perawatan yang mudah akan tetapi ingat bahwa pohon mangga adalah salah satu pohon yang disukai semut baik sebagai tempat mencari makan hingga membangun sarangnya disana, apalagi untuk pohon mangga jenis "Mangga Manalagi" yang lebih banyak dibandingkan jenis lain.

Sebelum memutuskan untuk menanam pohon mangga, kenali dulu beberapa jenis mangga yang paling Anda sukai. Pastikan memilih bibit tanaman mangga yang bagus karena nantinya akan sangat berpengaruh dari hasil buahnya yang pastinya akan Anda nikmati selama pohon tersebut sobat tanam.

Usahakan menanam di lokasi yang benar-benar pas menurut Anda, pikirkan juga apakah lokasi tersebut bisa menaungi pada waktu posisi sinar matahari benar-benar terik. Bagaimana, apakah Anda berminat untuk menanamnya?

3. Ketapang Kencana
ketapang kencana varigata
https://gazzgazz.blogspot.com
Dahulu di Indonesia pohon jenis ini akan sangat jarang ditemui, akan tetapi berbeda sekali karena sekarang sudah banyak ditemukan baik di halaman rumah hingga ke tamah juga lokasi tempat parkir kendaraan.

Lahan terbuka hijau milik pemerintah kotapun sekarang sudah banyak ditemui pohon yang satu ini, salah satu jenis pohon peneduh halaman rumah hingga peneduh taman juga jalan memang terlihat lebih memikit sebab memiliki bentuk yang sedikit berbeda dibandingkan dengan tanaman asli Indonesia.

Berbentuk seperti payung dengan ukuran daun yang kecil dan batang yang lurus sehingga pohon tersebut bisa dibilang kuat jika diterpa angin, tak mudah roboh dan fungsi sebagai peneduh akan adalah hal yang diharapakan jika menanam pohon ini.

Untuk perawatan dari pohon ini sama saja dengan pohon atau tanaman pada umumnya, biasanya pada masa awal pemindahan pada lahan permanen dilakukan pemberian penyangga supaya pohon tidak roboh dan tetap lurus. Juga untuk penyiraman usahakan rutin hingga usia 2 bulan dari tanggal pemindahan, lakukan juga pemupukan pada lahan yang akan ditanami bibit ketapang.

4. Kersen / Ceri
pohon untuk peneduh rumah minimalis
https://www.popmama.com
Untuk pohon yang satu ini banyak pastinya semua orang tahu, mudah tumbuh dimana saja bahkan sering terlihat tumbuh subur pada atap rumah atau tembok pembatas rumah. Memang saking suburnya Negara Indonesia dan mudahnya penyebaran dari pohon kersen ini dapat tumbuh di berbagai lahan apapun.

Memiliki buah kecil berwarna merah jika sudah matang yang bisa Anda panen setiap hari dan memiliki daun yang lembut juga lebat, menanam dari biji buah atau mencangkok atau bahkan dengan stek batang tak masalah. Mudah sekali tumbuh dan mudah sekali perawatannya, bibit banyak tumbuh liar apalagi pada areal terbuka atau lahan kosong.

Untuk pohonnya bukan termasuk jenis pohon yang getas alias mudah patah bahkan roboh, pohon ceri sendiri sangat cepat pertumbuhannya yang menjadikan batang dan rantingnya memang terbilang mudah patah jika dibandingkan dengan batang atau ranting dari pohon buah lainnya seperti pohon jambu atau pohon mangga.

Jika dimanfaatkan sebagai pohon untuk peneduh rumah minimalis Anda pastinya kersen akan mudah sekali rindang bahkan hanya beberapa bulan saja, buah dari pohon ceri ini bisa Anda konsumsi sebagai obat alami untuk penderita asam urat.

5. Bambu
pohon bambu jepang hias
https://bukalapak.com
Mendengar kata bambu bukan berarti rumah atau jalan ditanami dengan pohon bambu petung atau pohon bambu apus yang tingginya bisa melebihi tinggi dari bangunan rumah 2 lantai, akan tetapi bambu yang kita bicarakan kali ini adalah jenis pohon bambu yang berbeda.

Bambu yang 1 ini memang banyak ditanam untuk sebagai pemanis taman dan pohon peneduh disekitaran halaman rumah Anda, tak perlu lahan yang besar tetapi lahan sempit dan terbataspun bisa digunakan untuk menanam pohon bambu hias ini.

Pilih jenis bambu yaitu Bambu Jepang dan Bambu Kuning hias yang tingginya untuk bambu jepang antara 4 sampai 5 meter dan untuk bambu kuning antara 6 sampai 7 meter, tanam bambu tersebut secara berjajar yang akan terlihat lebih rapi dan bisa juga sebagai pagar pembatas taman.