Makanan Khas Malang Jawa Timur

Makanan Khas Malang Jawa Timur - Jika sedang ingin berkunjung ke Malang jangan lupa untuk mempersiapkan juga mengatur jadwal untuk mencari makanan khas malang yang enak dan legendaris yang sayang jika dilewatkan, berbagai sajian makanan enak khas batu malang tak perlu banyak tetapi jika sudah mencoba mencicipinya rasa penasaran bakalan terobati.

Tak perlu mahal akan tetapi makanan tersebut bisa Anda cicipi langsung dari kota Malang dan pastinya bisa jadi berbeda jika ada makanan tersebut di kota tempat Anda berada.

Makanan Khas Malang Enak Legendaris

Penyuka pencari makanan enak, rasanya hal berikut ini adalah salah satu hal yang juga paling ditunggu - tunggu. Pastikan atur waktu kunjungan, misalnya saja jika sedang berada di Malang selama 4 hari atur ke beberapa lokasi tanpa harus sekaligus dalam 1 hari saja.

Pastikan Anda tahu Makanan Khas Malang mana saja yang akan Anda kunjungi supaya untuk kemudahan pengaturan waktu perjalanan apalagi jika sedang melakukan perjalanan wisata, untuk wisatawan luar kota yang tak membawa kendaraan sendiri akan lebih mudah jika menggunakan layanan jasa rental mobil untuk urusan transportasinya.

1. Nasi Rawon

makanan khas malang

Makanan Khas Jawa Timur yang berkuah berwarna hitam dari olahan bahan yang bernama "Kluwek", yaitu salah satu bumbu dapur wajib jika untuk menu makanan Rawon. Ditambahkan potongan daging sapi empuk dan segar berukuran 2 s/d 3 centimeter juga taburan kecambah dan sedikit sambal yang biasanya akan diberikan pada tempat kecil atau langsung pada samping mangkuk.

Nah jika sedang berada di Malang coba singgahi lokasi makanan khas malang yang satu ini yaitu "Rawon Nguling" yang sudah eksis dimulai tahun 1983, berasal dari desa nguling pasuruan sesuai dengan nama dari Depot tersebut.

Tempat ini kebanyakan akan terlihat pengunjung dari luar kota jika pariwisata di kawasan Batu Malang sedang ramai, lokasinya seh terbilang sederhana pada pusat kota dekat dengan alun-alun

Alamat Rawon Nguling
Jalan Zainul Arifin No.62, RT.01/RW.01
Kiduldalem, Kec. Klojen
Kota Malang, Jawa Timur
Jam buka : 07.00 - 15.30 WIB
Telepon : (0341) 324684

2. Bakso

makanan khas malang
Si Klimis
Makanan yang satu ini bisa jadi setiap hari Anda temui lewat di depan rumah, dari mulai dijajakan menggunakan gerobak yang di dorong, warung sederhana hingga ke depot bercitarasa ala restoran. Berkuah banyak dengan isi mulai dari bakso, siomay, mie, tahu hingga olahan dari bahan lain supaya lebih menarik baik dari segi rasa maupun penyajiannya.

Makanan khas malang yang satu ini banyak ditemui dijajakan dibeberapa kota lainnya, terlihat dari lapak maupun gerobak tertulis Bakso Malang. Ya salah satu Kuliner Bakso Terkenal Di Malang yang satu ini adalah "Bakso President". Gaungnya terkenal hingga beberapa kota meski sebenarnya lokasinya sendiri tak berada di lokasi yang mungkin belum terpikir oleh Anda.

Berada di pinggir Rel Kereta Api malang - surabaya yang masih aktif hingga sekarang, menjadi pemandangan biasa jika suara kereta lewat menjadi backsound ketika sedang menikmati makan di Bakso President yang berada tepat di belakang Hotel Savana.

Alamat Bakso President
Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111.
Jam Buka Tutup :
Telepon (0341) 496746

3. Ketan

kuliner khas malang
garnesia.com
Ketan biasanya sekarang akan dijumpai hanya pada acara khusus saja, misalnya acara hajatan atau mungkin pada momen tertentu suatu acara. Apalagi yang terbiasa hidup di kota besar besar kemungkinan akan lebih jarang menikmati makanan Ketan.

Tetapi kedai yang berada di sebelah persis alun alun batu menyajikan menu olahan ketan dengan aneka macam rasa dan penyajian yang berbeda, ada ketan rasa coklat, keju, susu, misis, ketan hitam, durian, nangka, kacang, pisang dan beberapa rasa lainnya.

Mana lagi kalau bukan Pos Ketan Legenda 1967, kalau yang pernah tahu apalagi merasakan olahan dari sajian ketannya memang berbeda sekali dari pada umumnya. Unik memang meski tempatnya menurut saya sederhana dan selalu terlihat para pengunjung makan di luar menggunakan kursi plastik tanpa adanya atap yang menutup karena keterbatasan tempat bagi pengunjung.

Memang hampir setiap hari Pos Ketan Legenda yang berada di alun alun batu Batu tetap dibanjiri pengunjung meski sekarang sudah ada beberapa gerai lainnya, tetap lokasi di alun alun seperti lokasi paling favorit. Bisa jadi karena alun - alun memang memiliki suasana yang lebih menarik dan meriah dibandingkan dengan di gerai lainnya.

Alamat Pos Ketan Legenda 1967
Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Sisir, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur 65311

4. Nasi Pecel

makanan khas malang
Fahi Mah
Makanan khas malang yang satu ini juga sudah pastinya Anda ketahui, diberbagai daerah makanan pecel memang banyak dijadikan salah satu pilihan menu yang menurut saya banyak digemari masyarakat. Apalagi pada waktu pagi hari, sarapan nasi pecel dengan nasi dalam kondisi hangat dan sayuran yang disajikannya masih segar pastinya enak banget.

Pecel Kawi Hj. Musilah adalah makanan khas malang enak dan legendaris di malang karena sudah berdiri sejak tahun 1975, perubahan penataan tempat yang menjadikan tempat ini sekarang lebih terlihat rapi layaknya seperti cafe jaman sekarang yang kekinian. Untuk bisa makan disana memang terkadang masih harus sedikit mengantri dan menunggu pembeli lain keluar, baik dari lantai 1 maupun lantai 2.

Tak hanya menyajikan Nasi Pecel saja, akan tetapi menu makanan seperti Nasi Rawon, Nasi Lodeh, Nasi Soto dan beberapa pilihan menu makanan lainnya bisa dipesan disini. Untuk /porsi harga nasi pecel Hj. Musilah adalah Rp. 14.000 dan beberapa tambahan lauk bisa Anda pesan mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 15.000.

Alamat Pecel Kawi Hj. Musilah
Jl. Kawi Atas No. 43, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65116
Telepon : 0341-5022005