Daftar Nama Stasiun Kereta Api Di Surabaya

Daftar Nama Stasiun Kereta Api Di Surabaya dari stasiun besar juga kecil yang sampai sekarang masih beroprasi dengan baik, Kota Surabaya yang menjadi kota pusat kotanya Jawa Timur juga memiliki beberapa Stasiun yang akan kita bahas kali ini.

Kereta Api sudah menjadi kebutuhan perjalanan jarak dekat sampai jauh dari kota ke kota hingga antar provinsi, seperti halnya di beberapa kota pariwisata yang akan banyak menggunakan kereta api untuk perjalanan pariwisata dari kota asal ke kota tujuan dengan nyaman dan biaya terbilang murah.

Daftar Nama Stasiun Kereta Api Di Surabaya

1. Stasiun Gubeng (SGU)
Gubeng Lama
Alamat : Jl. Stasiun Gubeng, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Surabaya

Gubeng Baru
Alamat : Jl. Gubeng Masjid No. 1, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya
Telepon : (031) 5034468

stasiun gubeng surabaya
RH Tahir
Stasiun Gubeng (SGU) adalah salah satu stasiun terbesar sekaligus yang tersibuk dikawasan Surabaya Jawa Timur, melayani banyak rute perjalanan juga kedatangan dari berbagai Stasiun di Pulau Jawa.

2. Stasiun Pasar Turi (SBI)
Alamat : Jl. Semarang No. 1, Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan, Surabaya
Telepon : (031) 5345014

Div Naritha
Stasiun Pasar Turi ini menjadi salah satu saksi bisu pada masa penjajahan jepang yang banyak digunakan para pejuang pada masa itu karena banyak menggunakan kereta api sebagai alat transportasinya.

3. Stasiun Surabaya Kota (SB)
Alamat : Jl. Stasiun Kota No. 9, Kelurahan Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya
Telepon : (031) 3521465

Mas Endsty
Terkenal dengan julukan nama Stasiun Semut sekarang ini Stasiun Surabaya Kota menjadi tempat langsiran dan menyimpan rangkaian kereta api jarak menengah juga jarak jauh, stasiun ini sekarang hanya digunakan untuk kereta api jarak dekat yaitu kereta api lokal dan komuter saja.

4. Stasiun Wonokromo (WO)
Alamat : Jl. Stasiun Wonokromo No. 1, Kelurahan Jagir, Kecamatan Wonokromo, Surabaya
Telepon : (031) 8410649

stasiun wonokromo
Agus Salim
Stasiun Wonokromo yang berlokasi daerah Jagir, Wonokromo yang terletak di selatan surabaya ini seperti menjadi pintu gerbang masuknya kereta api dari selatan dan barat. Jangan salah karena di surabaya terdapat 2 stasiun wonokromo dan wonokromo kota yang sekarang sudah tidak aktif atau digunakan untuk umum lagi.

5. Stasiun Sidotopo (SDT)
Alamat : Jl. Sidotopo Wetan, Kelurahan Simokerto, Kecamatan Simokerto, Surabaya

Guardiola Kevin Taviari
Stasiun ini tidak diperuntukkan untuk masyarakat umum tetapi hanya digunakan untuk gerbong pengangkut barang, parkir gerbong juga lokomotif dan di stasiun ini juga digunakan untuk tempat perawatan lokomotif juga gerbong. Memang di stasiun ini memiliki kurang lebih 17 jalur yang memang sengaja untuk mempermudah pengaturan sesuai kebutuhan baik kereta barang juga perawatan, tetapi disini juga Anda akan melihat tumpukan bangkai kereta api yang sudah usang dan rusak.

6. Stasiun Tandes (TES)
Alamat : Jl. Raya Tandes Lor, Kelurahan Tandes Lor, Kecamatan Tandes, Surabaya

stasiun tandes
https://wikipedia.org
Stasiun terbilang cukup berbeda jika dibandingkan dengan stasiun lainnya, bukan karena bentuk dan pelayanannya. Akan tetapi pada bagian peron akan terlihat miring jika kita amati dengan seksama, bukan tanpa alasan kondisi miring tersebut untuk memungkinkan kereta api tetap bisa berjalan cepat meski jalur di stasiun tandes yang terbilang cukup menikung.

7. Stasiun Kalimas (KLM)
Alamat : Jl. Jakarta Barat, Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya

stasiun kalimas
Rama Renspandy
Stasiun Kalimas yang berlokasi tak jauh dari pelabuhan perak surabaya ini tak diperuntukkan untuk kebutuhan transportasi penumpang akan tetapi memang hanya dikhususkan untuk melayani transportasi pengangkutan muatan dari pelabuhan saja.