Stasiun Kalimas Surabaya

Stasiun Kalimas Surabaya (KLM) ini memang akan terlihat berbeda jika dibandingkan dengan stasiun pada umumnya, karena Stasiun Kalimas tak melayani transportasi untuk penumpang akan tetapi melayani khusus muatan.

AlamatJl Jakarta Barat Surabaya, Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur 60615

Stasiun Kalimas Surabaya

stasiun kalimas

Pemandangan berbeda akan Anda lihat jika berkunjung kesana, akan banyak Anda temui berupa petikemas dikawasan tersebut dari berbagai tempat asal. Stasiun Kalimas melayani beberapa pengangkutan yaitu peti kemas / kontainer, pengangkutan baja juga semen.

Jika pada stasiun khusus penumpang seperti Stasiun Pasar Turi akan banyak terlihat bangunan dari ruang tunggu penumpang, peron penumpang atau tempat parkir roda 2 maupun roda 4. Akan tetapi sangat berbeda dengan tampilan dari Stasiun Kalimas Surabaya yang tak banyak terlihat bangunan tetapi Anda akan banyak melihat tumpukan petikemas berjajar pada kiri kanan sekitaran jalur rel kereta. 

Sengaja memang dibangun kurang lebih 10 rel kereta api di stasiun ini, hal ini memang untuk mempermudah pengaturan rangkaian kereta baik untuk pengaturan muatan serta pengaturan jalur tujuan pengiriman.

Ada jalur rel kereta yang jarang dilewati yaitu tujuan terminal prapat kurung, jalur ini terlihat diapit kiri kanan perkampungan padat penduduk. Rel tersebut masih digunakan jika ada pengangkutan muatan dalam jumlah banyak, sebab jika muatan hanya dalam jumlah akan diangkut menggunakan truk kontainer.

Menjadi pusat bongkat muat muatan baik yang akan dikirim ke kota lain maupun dari kota lainnya, memang lokasi pembangunan Stasiun Kalimas Surabaya dekat dengan pelabuhan sebab hal tersebut untuk kemudahan aktivitas pengangkutan muatan dari dan ke kapal laut di pelabuhan surabaya.

Terbilang besar untuk luas wilayah dari Stasiun Kalimas, sebab digunakan untuk aktivitas bongkar muat muatan yang akan banyak memakan tempat. Mungkin bagi yang bekerja atau usaha yang berhubungan dengan dunia ketiga hal tersebut baik petikemas, baja dan semen pastinya sudah akrab dengan Stasiun Kalimas di Surabaya ini.