Daftar Nama Stasiun Kereta Api Di Malang Paling Lengkap 2024

Daftar Nama Stasiun Kereta Api Di Malang dan lokasinya mulai dari Kota Malang sampai dengan Kabupaten Malang dari stasiun kecil sampai stasiun besar di malang, mari kita bahas satupersatu daftar nama nama stasiun kereta api di malang.

Ada banyak nama stasiun kereta api di malang, malang sendiri terdiri dari 2 wilayah yaitu kotamadya malang dan kabupaten malang. Luas kabupaten malang melebihi luas wilayah kotamadya malang dan  disetiap wilayah tersebut memiliki beberapa Stasiun kereta api yang sampai sekarang masih banyak yang masih aktif beroprasi.

Stasiun Malang menjadi stasiun yang melayani 2 kota sekaligus yaitu kota malang dan kota batu, karena Kota Batu yang berada dikawasan pegunungan dan menanjak masih belum memungkinkan untuk perjalanan jalur rute kereta api. Jadi untuk wisata ke malang naik kereta api pastinya akan turun di stasiun malang. 

Daftar Nama Stasiun Kereta Api Di Malang

1. Stasiun Kota Baru (ML)
stasiun kota baru malang
javanesetrans.blogspot.com
Nama Stasiun Kotabaru Malang atau Stasiun Malang Kotabaru ini menjadi stasiun terbesar dan tersibuk di kota malang. Melayani rute jarak dekat maupun jauh dari berbagai kota di pulau jawa. Wisatawan lokal yang ingin melakukan wisata ke batu malang cenderung memilih stasiun kota baru malang sebagai stasiun tujuannya.

Kemudahan dari banyak hal yang bisa dengan mudah Anda temui di stasiun ini memang menjadi salah satu alasan wisatawan cenderung memilih stasiun malang kota baru sebagai stasiun tujuan, misalnya saja kemudahan dalam mencari Kuliner Dekat Stasiun Malang atau mungkin transportasi untuk pariwisata.

Alamat : Jl. Trunojoyo No. 10, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Malang.
Telepon : (0341) 362208

2. Stasiun Kota Lama (MLK)
stasiun kotalama
Andreas Nyoto
Stasiun Kota Lama Malang ini berada tak jauh dari Stasiun Kota Baru Malang. Bisa ditempuh dengan kendaraan kurang lebih 10 menit saja, arahkan kendaraan ke arah selatan melewati kampung warna warni. Sampai sekarang stasiun kota lama masih aktif dan lebih banyak melayani orang lokal malang.

Diresmikan pada tanggal 15 Januari 1896 yang menjadi salah satu Stasiun tua di Malang yang dahulu hanyalah sebuah halte kecil dan berkembang menjadi sebuah stasiun dengan 7 jalur rel kereta api hingga sampai saat ini dan tetap masih aktif baik melayani kedatangan maupun keberangkatan.

Alamat : Jl. Kolonel Sugiono, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Malang
Telepon : (0341) 366803  / 366801

3. Stasiun Blimbing (BMG)
stasiun blimbing
Lutfi Kurniawan
Selain Stasiun Kota Lama yaitu Stasiun Blimbing ini juga berada tak jauh dari Stasiun Kota Baru, berjarak 13 kilometer dengan estimasi waktu 15 menit perjalanan. Termasuk stasiun kecil kelas 3 dengan 2 jalur utama rel lurus yang sampai sekarang masih aktif.

Stasiun yang banyak terlihat melayani masyarakat lokal saja ini seperti tak terlihat adanya perubahan bangunan yang signifikan seperti di Kota Baru, bentuk bangunan yang terkesan lama masih terlihat di stasiun ini.

Alamat : Jl. Stasiun Blimbing, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Malang
Telepon : (0341) 487698

4. Stasiun Singosari Malang (SGS)

Lokasi Stasiun Singosari berdekatan dengan pasar singosari malang. Bila dari jalan arah malang - surabaya sebelum melewati pasar singosari akan ada jalur rel kereta api yang memotong jalan, sebelah timur jalan malang. Termasuk dalam stasiun kecil tipe 3.

Alamat : Jl. Stasiun Singosari, Desa Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.
Telepon : (0341) 453031

5. Stasiun Lawang Malang (LW)
stasiun lawang malang

Stasiun terbesar untuk kawasan Kabupaten Malang ini juga sekaligus stasiun yang letaknya paling utara dan timur dari kabupaten malang berlokasi di Jl. Tamrin Raya Kabupaten Malang merupakan stasiun kereta api kelas 1 yang didirikan tahun 1887 menjadi bangunan tertua di Lawang.

Alamat : Jl. Tamrin Raya, Desa Lawang, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.
Telepon : (0341)  426062, 423520

6. Stasiun Pakisaji (PSI)
situsbudaya.id
Sebelum menuju ke Kepanjen jika dari arah kota malang Anda akan melewati stasiun pakisaji, berlokasi di Jatirejo, Pakisaji, Malang termasuk stasiun kecil yang sampai sekarang masih beroprasi dengan baik.

Alamat : Jl. Stasiun Pakisaji, Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

7. Stasiun Kepanjen (KPN)
stasiun kepanjen malang

Berlokasi di Jl. Wahidin Sudiro Husodo 1, Kepanjen 65163 Kabupaten Malang ini berada tak jauh dari Stadion Kanjuruan Malang. Stasiun Kepanjen Malang ini melayani kereta Malabar, Gajayana, Matarmaja, Penataran dan Malioboro Express dari dan ke Stasiun Malang.

Alamat : Jl. Banurejo, Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang
Telepon : (0341) 395019

8. Stasiun Ngebruk (NB)
stasiun ngebruk malang
ckynuratna.blogspot.com
masih masuk daftar nama stasiun kereta di malang, Stasiun Ngebruk Malang yang berada di kecamatan sumberpucung, kabupaten malang ini melayani kereta lokal ac seperti dhoho penataran tujuan ke blitar, kediri, kertosono, surabaya dan malang.

Alamat : Jl. Stasiun Ngebruk, Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang

9. Stasiun Sumberpucung (SBP)
stasiun sumberpucung
by google
Stasiun Sumberpucung masuk dalam kategori stasiun kecil yang hanya memiliki 2 jalur rel kereta api dengan 1 jalur lurus, berlokasi kurang lebih 5 kilometer sebelum Bendungan Karangkates jika dari arah Malang.

Alamat : Jl. Suka Maju, Desa Sumberpucung, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.
Telepon : (0341) 385495