Daftar Nama Stasiun Kereta Api Di Bandung

Daftar Nama Stasiun Kereta Api Di Bandung yang masih sampai sekarang dipergunakan atau aktif baik mulai dari stasiun kecil hingga stasiun besar, karena layanan kereta api yang bertambah bagus menjadikan transportasi ini semakin banyak diminati masyarakat. 

Perjalanan dalam kota maupun antar kota bahkan antar provinsi juga sekarang banyak menggunakan kereta api selain bebas macet dan harganya terbilang lebih murah. Berikut ini daftar nama nama stasiun kereta api di bandung.

Daftar Nama Stasiun Kereta Api Di Bandung

1. Stasiun Bandung (BD)

Nama Stasiun Di Bandung
image : Radja Sitanggang
Stasiun Bandung yang dahulu disebut Stasiun Hall Bandung ini memiliki predikat stasiun kereta api terbesar di Kota Bandung dan Jawa Barat, dengan 10 jalur rel menjadikan Stasiun ini stasiun tersibuk dikawasan bandung dengan  14 rute layanan kereta ke beberapa stasiun lain.

Alamat : Jl. Stasiun Barat, Kb Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung

Telepon : (022) 4203367

2. Stasiun Kiaracondong (KAC)

kiaracondong
image : kaki ku
Stasiun Kiaracondong atau juga biasa disebut Stasiun Kircon ini 

Alamat : Babakansari, Kecamatan Kiaracondong, Bandung

3. Stasiun Cikudapateuh (CTH)

image : Ridwan Fajar
Jika didengerin dari namanya saja kita mungkin bisa menebak jika stasiun ini pastinya berlokasi di Jawa Barat karena seperti menggunakan bahasa sunda, stasiun cikudapateuh termasuk dalam stasiun kecil yang sekaligus hanya melayani rute kereta lokal saja. 

Alamat : Jl. Kembang Sepatu, Keluarahan Samoja, Kecamatan Batununggal, Bandung

4. Stasiun Andir (AND)

stasiun andir
image : Hendi Darmawan
Masuk dalam kategori stasiun kecil yang dahulu juga digunakan untuk pemberhentian kereta api lokal juga KRD ekonomi, dan sekarang Stasiun Andir hanya digunakan untuk memantau sinyal atau mengontrol sinyal untuk arah Ciroyom.

Alamat : Jl. Ciroyom No. 1, Keluarahan Ciroyom, Kecamatan Andir, Bandung.

5. Stasiun Cimekar (CMK)

stasiun cimekar
image : Guardiola Kevin Taviari
Bisa dibilang stasiun ini adalah stasiun baru yang diresmikan pada tahun 2000 dengan 2 jalur rel kereta yang lokasinya tak jauh dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Alamat : Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung

6. Stasiun Cimindi (CMD)

image : A Glenn
Termasuk dalam kategori stasiun kecil yang berada di barat Kota Bandung ini mempunyai 3 jalur rel kereta api

Alamat : Kelurahan Cempaka, Kecamatan Andir, Bandung.


7. Stasiun Ciroyom (CIR)

stasiun ciroyom
image : RH Tahir
Stasiun ini seperti halte untuk mengontrol keberangkatan kereta api untuk pengangkutan barang, akan tetapi sekarang sudah di non aktifkan karena sudah tidak ada lagi aktifitas pengangkutan barang. Stasiun ini mungkin hanya untuk keperluan aktifitas tertentu saja. 

Alamat : Keluarahan Ciroyom, Kecamatan Andir, Bandung.

8. Stasiun Gedebage (GDB)

image : ali imron
Ketinggian wilayah Bandung yang terbilang tinggi menjadikan disemua stasiun bandung rata - rata memiliki ketinggian lebih jika dibandingkan dengan stasiun di kota lain, Gedebage ini berada diketinggian + 672 diatas permukaan laut. Saat ini stasiun ini hanya dikhususkan untuk bongkar/muat peti kemas atau kontainer dan terlihat sudah tidak dipergunakan untuk angkutan penumpang. 

Alamat : Jl. Gedebage, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Bandung.