Stasiun Malang Kotalama

Kota Malang memang terdapat 3 stasiun yang lokasinya terbilang cukup dekat dan salah satunya adalah Stasiun Malang Kotalama Jawa Timur ini, untuk lokasinya yang sedikit tersembunyi membuat stasiun ini tak seramai Kota Baru meski bangunan tersebut sudah lama berdiri.

Alamat : Jl. Kolonel Sugiono, Ciptomulyo, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka Tutup Loket : 09:00 - 

Stasiun Malang Kotalama

stasiun kota lama malang
Kurinta Rahayu
Stasiun yang memiliki 7 jalur rel kereta api ini merupakan salah satu bangunan peninggalan pada masa hindia belanda yang menjadi salah satu stasiun tertua di kota malang, dengan bentuk di beberapa bangunan yang masih terlihat ciri khas dari Belanda.

Stasiun Malang Kota Lama mulai diresmikan mulai dari tanggal 15 Januari 1896 yang pada awalnya adalah sebuah tempat tunggu penumpang atau halte, akan tetapi seiring perkembangannya menjadi sebuah stasiun kereta api yang tetap masih aktif hingga saat ini.

Bagi masyarakat lokal sendiri, stasiun kota lama malang ini sudah tak asing lagi terdengar ditelinga. Masuk dalam kawasan padat penduduk dengan lalulintas disekitar kawasan seperti tak pernah ada sepinya, maklum jika stasiun malang kota baru masih terbilang penting untuk masyarakat bagian selatan kota malang.

Pada hari biada untuk tiap harinya tercatat penumpang berkisar antara 100 - 200 orang, sedangkan untuk akhir pekan setidaknya 300 - 500 orang di tiap harinya. Pastinya angka tersebut akan naik untuk moment libur panjang atau pasca lebaran, meskipun didominasi penumpang kereta api lokal Doho Penataran.

Tak perlu bingung memilih stasiun mana yang akan Anda datangi nanti, karena stasiun kota lama ini juga berada tidak jauh dari Stasiun Kota Baru Malang yang lebih banyak dikunjungi dan didatangi para pengguna transportasi kereta api.

Terhitung ada 2 stasiun lain di kota malang yang letaknya terbilang saling berdekatan yaitu Stasiun Kota Baru Malang dan Stasiun Blimbing Malang, terdapat hotel yang cukup dekat dari stasiun kota lama ini yaitu Hotel Balava yang bisa dijadikan lokasi menginap yang paling dekat dengan Stasiun Malang Kota Lama.

Dekat dengan beberapa pusat keramaian mulai dari Pasar Loak Comboran, Pasar Besar Malang, Rumah Sakit Panti Nirmala, Depo Pertamina Malang, SMA Negeri 5, Rumah Sakit Aisyiyah Malang, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal), SMA Negeri 2 Malang.

Bila untuk tujuan ke daerah mergosono, turun di stasiun kota lama akan lebih dekat. Tetapi kalau datang di kota malang untuk tujuan mengunjungi kota batu, kami sarankan turun di stasiun kota baru malang akan lebih pas untuk Anda.

Layanan Kereta Api
Beberapa layanan kereta api yang dilayani mulai dari Kereta Api Gajayana (Malang-Jakarta), Malabar (Malang-Bandung), Malioboro Ekspres (Malang-Yogyakarta), Majapahit (Malang-Jakarta), Matarmaja (Malang-Jakarta), Doho Penataran (Lokal Jawa Timur), Tawang Alun, Kereta Api BBM juga Parcel Ons.

Stasiun Malang Kotalama Ke Batu
Untuk urusan transportasi ke batu bisa menggunakan layanan antar jemput stasiun malang atau bisa menggunakan layanan sewa mobil di stasiun malang ke batu akan jauh lebih mudah apalagi untuk keperluan pariwisata, waktu jemput yang bisa disesuaikan dengan kedatangan kereta api maupun request pemesanan.

Pilihan kendaraan yang bisa disesuaikan dengan jumlah rombongan atau kebutuhan pastinya akan lebih fleksibel, pilihan kendaraan beragam tanpa harus menyetir sendiri.