Stasiun Pasar Turi Surabaya

Stasiun Pasar Turi Surabaya atau Stasiun Surabaya Pasar Turi termasuk dalam kategori stasiun kereta api besar di kawasan kota Surabaya, stasiun terbesar ke 2 di surabaya ini melayani banyak sekali jalur tujuan dan kedatangan dari berbagai kota di pulau jawa.

Alamat : Jl. Semarang No. 1, Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Kode Pos 60172
No Telp : 031-5345014
Jam Buka :
Fasilitas : ATM Gallery, Ruang Tunggu, Charging Corner, 

Stasiun Pasar Turi Surabaya

Bila baru datang ke Stasiun Pasar Turi Surabaya, untuk dapat mudah mengenalinya selain pada bagian atas pintu masuk terdapat tulisan Stasiun Surabaya Pasarturi juga pada bagian lokasi depan di tempat parkirannya terpampang sebuah monumen lokomotif asli kereta api.

Jadi salah satu ciri khas dari stasiun pasar turi adalah terdapat monumen lokomotif yang dahulu juga pernah dioperasikan, jika kita masuk terdapat 2 pintu keberangkatan yaitu pintu 1 untuk kereta eksekutif dan pintu 2 untuk kereta ekonomi. Hal tersebut memang untuk membagi penumpang supaya tidak menumpuk pada satu lokasi tempat sekaligus memperlancar pelayanan.

Juga banyak terlihat orang berseragam berwarna biru orange yang jika Anda sedang membawa banyak barang dan membutuhkan jasa pembawa barang bawaan bisa menggunakan jasa porter stasiun pasar turi surabaya tersebut, sobat bisa langsung menanyakan harganya sesuai dengan jumlah barang yang akan Anda bawa. 

Bagi Anda seorang muslim yang ingin mencari tempat sholat yang dekat, pada stasiun pasarturi surabaya juga disediakan mushola yang lokasinya tak jauh dari parkiran mobil yaitu disebelah kiri stasiun pasar turi. Yaitu Musholla Al Mahattoh yang cukup besar dan bisa menampung banyak orang.

Jika melihat handphone atau smartphone low bite atau bahkan kehabisan energi, tak usah kawatir. Pada salah satu bagian stasiun pasar turi juga disediakan fasilitas umum yaitu Charging Corner sebagai tempat mengecas hp Anda, akan tetapi sobat harus mempersiapkan cas sendiri karena memang hanya disediakan steker listriknya saja.

Tak jauh dari ruang tunggu juga disediakan mesin minuman otomatis dengan pilihan minuman dingin yang beragam, mulai dari harga Rp. 2.000 s/d Rp. 20.000. Jika ingin membeli minuman tersebut, usahakan untuk memasukkan uang pas sesuai dengan pilihan minuman yang sobat inginkan. 

Konon menurut cerita tentang nama pasar turi, didapat karena dahulu dikawasan daerah stasiun ini ada sebuah pasar yang para pedagangnya dahulu banyak menjual kembang turi atau bunga dari pohon turi yang sampai sekarang masih ditambahkan bila kita menikmati hidangan  makanan pecel. Dan sampai sekarang stasiun ini memang berdekatan dengan Pusat Grosir Surabaya yang dulunya bernama Pasar Turi, hampir sama dengan Stasiun Kepanjen Malang yang juga lokasinya tak jauh dari pasar.

Stasiun Pasar Turi adalah salah satu stasiun dengan kesibukan yang tinggi karena memang melayani rute perjalanan dan kedatangan dari berbagai kota di Pulau Jawa. Berbagai aktivitas penumpang dari bekerja sampai melakukan perjalanan wisata semua ada disini. Banyak memang tempat wisata dikawasan Jawa Timur yang menjadi tempat wisata favorit bagi para wisatawan lokal.

Beberapa tempat wisata berikut adalah beberapa saja dari sederetan tempat wisata yang ada di Jawa Timur. Untuk di kawasan dekat Stasiun Pasar Turi ada Taman Rekreasi Kebun Binatang Surabaya, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Surabaya Carnival dan masih banyak lokasi wisata menarik di dekat stasiun.

Akan tetapi berbeda bila datang di malang, sobat bisa menggunakan jasa sewa mobil dekat stasiun malang untuk kemudahan pengantaran maupun perjalanan wisata, disini mungkin bisa memilih transportasi taksi untuk jasa pengantaran sekali antar.