Stasiun Malang Kota Baru

Stasiun Malang Kota Baru - Informasi Jadwal Kereta Api, Alamat, Nomor Telepon / Call Center, Fasilitas, Parkir Kendaraan, Kode, Jam Buka Loket Stasiun Kotabaru Malang atau Stasiun Malang Kotabaru 2023. Penasaran juga tentang Sejarah Stasiun Malang Kota Baru hingga tahun berdiri stasiun malang ini, let's go kita bahas disini.

Pembangunan Stasiun Malang Kota Baru ini menjadikan tampilannya semakin terlihat fresh dan memiliki 2 akses pintu keluar masuk penumpang yang sebelumnya hanya ada 1 pintu saja yaitu Pintu Barat ( Lama ).

Pintu Timur (Baru)
stasiun malang kota baru
https://sewamobilhiacedimalang.blogspot.com
Alamat Pintu Timur : Jl. Panglima Sudirman No. 5, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Pembangunan Stasiun Malang East Gate atau pintu timur membuat kapasitasnya lebih banyak baik untuk fasilitas penumpang dari ruang tunggu hingga areal parkir kendaraan untuk roda 2 maupun roda 4 semakin lebih baik, areal penjemputan dan drop zone juga lebih mudah bagus dan sangat memudahkan kendaraan berhenti tepat depan Stasiun pada Pintu Timur.

Fasilitas Ruang Tunggu VIP juga gratis diperuntukan untuk siapapun hanya dengan meminta izin saja, fasilitas Eskalator untuk ke lantai 2 atau dari lantai 2 juga menjadi fasilitas yang baru untuk mempermudah akses para pengguna kereta api di Stasiun Malang ini. 

Pintu Barat (Lama)
stasiun malang kota baru
tampak depan stasiun malang kota baru @Ananta Ary
Alamat Pintu Barat : Jl.Trunojoyo No. 10, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, 65111
No Telp : 0341-362208

Tentang Stasiun Malang Kotabaru

Stasiun Malang yang berada di ketinggian 444 meter diatas permukaan laut ini masuk dalam kategori stasiun kelas besar atau tipe A, Stasiun Malang Kota Baru sendiri pertama kali dibuka ditahun 1879 dan hingga sampai sekarang telah banyak mengalami renovasi dan mengalami banyak perubahan tampilan yang memang bertujuan seiring bertambahnya jumlah penumpang.

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui akan perbedaan Stasiun Malang Kota Baru dengan beberapa stasiun lainnya adalah satu stasiun di malang yang memiliki fasilitas pemutar lokomotif atau Turntable yang sudah dioperasikan sejak 1879, fungsi dari Turnbtable sendiri untuk mengubah arah lokomotif ketika akan digunakan. Jadi lokomotif bisa difungsikan untuk menarik atau mendorong gerbong dan fasilitas ini masih manual dalam penggunaanya.

Cukup dengan mendorongnya memutar minimal dioperasikan 4 orang untuk bisa memutar Turntable untuk bisa memutar arah 190 derajat dari posisi sebelumnya, hingga sampai saat ini fasilitas tersebut masih digunakan baik di Stasiun Malang Kota Baru maupun di stasiun besar di kota lainnya yang terdapat fasilitas turntable.

Memiliki 9 jalur rel kereta api dengan 3 jalur rel kereta lurus yang kesemuanya juga masih tetap digunakan hingga 2021 sekarang ini, dahulu pada sisi sebelah utara masih terdapat pintu masuk toilet umum yang juga bisa digunakan sebagai akses masuk ke Stasiun Malang Kota Baru selain dari pintu utama dibagian depan stasiun.

Jadwal Kereta Api Stasiun Malang Kota Baru

Nama KA Tujuan Barangkat
Penataran Surabaya Kota 04:30
Penataran Surabaya Kota 06:23
Penataran Blitar-Kediri 07:30
Malioboro Ekspres Yogyakarta 08:20
Matarmaja Pasar Senen 09:00
Penataran Blitar - Kediri 10:35
Songgoriti Surabaya Gubeng 11:10
Jayabaya Pasar Senen 11:55
Penataran Surabaya Kota 12:50
Gajayana Gambir 13:25
Bima Gubeng 14:25
Penataran Blitar-Kediri 14:51
Malabar Bandung-Pasar Senen 16:00
Tawang Alun Banyuwangi 16:10
Mutiara Selatan Surabaya-Bandung-Gambir 17:00
Penataran Surabaya-Gubeng 17:33
Majapahit Pasar Senen 19:00
Malioboro Ekspres Yogyakarta 20:05
Penataran Surabaya Kota 20:22
Penataran Blitar 21:06


Sejarah Stasiun Malang Kota Baru

Meski bukan stasiun tertua di Malang tetapi cerita tentang sejarah Stasiun Malang Kota Baru tak kalah menarik untuk diikuti, stasiun yang dibangun pada tahun 1940 konon pada tahun sebelumnya stasiun malang sudah berdiri sejak tahun 1887. Akan tetapi untuk pembangunannya berbeda letaknya yaitu pada sisi timur rel kereta api, berbeda dengan bangunan sekarang yang berdiri pada sisi selatan rel kereta api.

Jadi sebelum dibangunnya stasiun Kota Baru, masyarakat setempat masih menggunakan Stasiun Kota Lama untuk kebutuhan menggunakan transportasi kereta api. Dan kemudian dilakukan pembangunan hingga perubahan pembangunan bangunan pada sisi barat rel kereta api yang hingga sekarang masih berdiri kokoh meski hingga saat ini Stasiun Kota Lama masih tetap digunakan seperti sedia kala. Akan tetapi jumlah penumpang memang lebih banyak bergeser ke Stasiun Malang Kota Baru apalagi penambahan fasilitas umum dan kapasitas yang lebih memadai.

Sektor Pariwisata
Banyak memang yang memilih datang di stasiun ini karena selain berada di pusat kota malang jika dibandingkan dengan Stasiun Malang Kota Lama, stasiun ini banyak transportasi pendukung lainnya dan berdekatan dengan kawasan pertokoan atau hotel. Banyak kendaraan yang memang standby di kawasan stasiun kota baru malang ini. Mulai dari Angkot, Taksi, Layanan Sewa Mobil Dekat Stasiun Malang seperti sewa mobil juga aneka stand warung kuliner dan hotel juga berdiri dekat dengan stasiun malang ini.

Tak heran, stasiun kota baru malang ini lebih ramai. Taman Trunojoyo Malang yang berada didepan pas stasiun dengan ditandai patung singa besar. Pada hari libur, taman ini juga ramai pengunjung lokal duduk duduk atau sambil membaca dikawasan perpustakaan taman.

Kereta mulai rute banyuwangi sampai jakarta bisa dilayani disini. Angkutan umum kereta api sekarang lebih banyak diminati karena sudah banyak perubahan bila dibandingkan dengan dahulu. Dahulu kita bisa tidak mendapat tempat duduk meski kita memiliki tiket perjalanan. Tetapi sekarang, setiap penumpang pasti mendapatkan nomor tempat duduk sesuai dengan nomor tiket yang sudah kita beli.

Pedagang asongan juga sekarang tidak dipernenankan lagi masuk pada gerbong penumpang kereta api. AC juga sudah terpasang rapi pada setiap gerbong kereta. Tak luput, stop kontak listrik juga terpasang untuk memfasilitasi penumpang bila ingin mengecas handphone selama dalam perjalanan.

Di dalam Stasiun Kota Baru Malang juga disediakan stop kontak listrik untuk memfasilitasi kebutuhan penumpang akan energi listrik. Ruang tunggu, penomeran untuk pemesanan tiket offline, customer service semua disediakan untuk kenyamanan pengguna kereta api.

Seiring perkembangan teknologi, disetiap stasiun besar sekarang sudah menggunakan fasilitas pencetakan tiket kereta api berdasarkan kode pemesanan sebelumnya dan hal tersebut menjadikan lebih mudah karena kita tinggal kita mengarahkan booking tiket ke mesin pencetak tiket dan tiket kereta akan dicetak oleh printer khusus pencetak tiket kereta api pada ruang tersendiri yaitu check in counter.

Calo tiket juga sekarang sudah tidak akan kita jumpai di stasiun, karena pemesanan tiket kereta api harus sesuai dengan nama penumpang kereta yang juga tertera pada tiket kereta Anda. Jadi tiket tidak bisa digantikan oleh penumpang lain.

Jadwal kereta dipasang besar di dinding ruang tunggu juga banyak petugas yang siap membantu Anda bila kita mengalami kendala dalam pengisian pemesanan tiket.

Bila pada musim liburan sekolah, stasiun kota baru malang ini dipadati pendatang dari berbagai kota yang akan mengujungi Kota Wisata Batu. Karena Kota Batu memang masih belum memiliki stasiun kereta api sendiri layaknya Kota Malang, pilihan Daftar Stasiun Kereta Di Malang yang salah satunya kota baru bisa menjadi tujuan jika hendak berkunjung ke Kota Malang.

Jadi meskipun rute tujuan wisata Anda ke beberapa lokasi wisata terkenal seperti Jatim Park, Museum Angkut, Paralayang, Cafe Sawah Pujon Kidul, tetap dengan tujuan Stasiun Malang Kota Baru untuk pengguna transportasi Kereta Api.

Jadi bagi Anda yang memilih transportasi kereta api, Wisata Ke Batu Naik Kereta saya sarankan memilih datang di Stasiun Kota Baru Malang yang nantinya baru dilanjutkam ke Kota Batu. Salam, aguscs